Internet dan Pendidikan

7 Mar 2012

a4318a5aa91e6b2d708376948defcdb0_jejaring-sosialInternet bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Internet kini dapat dijangkau masyarakat kota maupun desa, sehingga kini jarak antar daerah, kota maupun negara terasa sangat sempit. Tidak dapat dipungkiri internet telah menjadi media penghubung dan media komunikasi yang cepat dan mudah. dengan satu kali klik, kita bisa membagi apa saja dengan masyarakat Indonesia bahkan dunia. Internet membuat kita mengenal dunia tanpa beranjak dari rumah bahkan untuk saling mengirim pesan lewat email maupun jejaring sosial.

Jejaring sosial mewabah di kalangan masyarakat Indonesia, tidak hanya kalangan remaja yang kadang memiliki lebih dari 1 id jejaring sosial, bahkan orang tua maupun instansi instansi resmi kini memiliki blog, facebook bahkan twitter untuk melebarkan sayap perusahaannya.

Tentu saja dunia pendidikan tidak ketinggalan dengan yang satu ini. Kini segalanya terasa mudah dengan adanya internet. kita dengan mudah mendownload ebook melalui internet yang tentu saja lebih murah jika dibandingkan membeli di toko buku. pendaftaran pendaftaran universitas maupun beasiswa kini semua dilakukan secara online. jika dulu pengumuman hasil kelulusan atau beasiswa dilihat di papan dengan berdesak desakan, kini kita hanya duduk manis didepan komputer dan megakses melalui internet. tidak jarang guru guru memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook untuk mengumumkan pr atau hasil ujian. seperti pelajaran Tik di SMA Negeri 1 Surabaya, bukan hanya untuk mengumumkan pr, facebook juga digunakan sebagai ajang diskusi para murid yang mungkin mengalami kesulitan ketika mengerjakan tugas, bisa langsung share di facebook dan anggota facebook yang sedang online tentu saja akan menanggapi.

tentu saja semua yang memiliki segi positif, juga memiliki sisi negatif. kita lah yang harus nya lebih bijaksana memanfaatkan internet. see di postingan selanjutnya:)


TAGS


-

Author

Follow Me